Selasa, 03 Januari 2012

Pola hidup sehat

Pola hidup sehat

Sebelumnya gw mau ngasi tau, tujuan gw buat tulisan ini bukan serta merta gw memberikan arahan tapi gw pengen ada diskusi / feedback dari user dsini, mungkin bisa dengan berbagi tips2 pribadi yang pernah dia lakukan atau baca perilah pola hidup sehat.

kunci dari pola hidup sehat sih sebenernya simple, jaga makan, jaga tidur, jaga pikiran dan berolah raga..tapi pada prakteknya, ntah kenapa sering kali banyak kasus yang ditemui menjelaskan bahwa 4 hal ini begitu berat dan kebanyakan alasannya adalah...saya sibuk karena saya pelajar/mahasiswa/karyawan 

sebelum tulis gw coba mulai dari gw sendiri.
Air Putih, pastikan konsumsi kebutuhan air putih cukup. Kekurangan air sendiri bagi tubuh bisa berakibat fatal, karena air memainkan peran penting untuk tubuh kita, dari urusan darah, pencernaan sampai sekresi itu berhubungan dengan air. Terakhir, air itu kalori = 0, jadi jangan takut gemuk gara2 minum air. 
Makanan Sehat, ini mungkin pantangan terberat yang dihadapi manusia indonesia, makanan kita kebanyakan nasi + santan + minyak. Kabar buruknya, justru ini salah satu tersangka utama kegemukan yang terjadi. Cobalah mengganti sumber karbo, dari nasi menjadi nasi merah/nasi coklat/kentang/oat atau karbo kompleks.
Lemak Jenuh, ini sih musuh utama.
Hindari Stress, buat gw pribadi gw ga perlu jauh untuk dapetin sample efek dari stress, salah satu anggota keluarga gw sempet beberapa kali jatuh sakit karena stress, bukan karena penyakit fisik. Hindari stress, kalau bisa dalam satu minggu coba luangkan beberapa jam untuk happy time, lakukan hobby, jalan2..apapun yang bisa membuat pikiran tenang.
Olahraga teratur, tidak perlu penjelasan, gw rasa semua udah paham. 
Kualitas tidur yang baik, proses recovery badan itu terjadi saat kita berisitrahat, jadi adalah sebuah keharusan untuk tidur yang cukup dan sebisa mungkin membuatnya berkualitas. Berkualitas dsini adalah kondisisi dimana anda bisa merasa pulas dan mendapatkan kesagaran ketika bangun.

0 komentar:

Posting Komentar