Jumat, 06 April 2012

Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Jika menurunkan berat badan adalah salah satu target utama anda, teh hijau mungkin bisa membantu.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat-zat yang terdapat di dalam teh hijau mungkin menawarkan beberapa efek pemicu penurunan berat badan, misalnya mempercepat metabolisme dan mengurangi nafsu makan.
Meski minuman antioxidant saja tidak bisa membantu menurungkan berat badan, namun ada beberapa bukti bahwa meminum teh hijau mungkin mensupport usaha anda untuk menurunkan berat badan.



Seberapa Besar Kemungkinan Teh Hijau untuk Memicu Penurunan Berat Badan?

Teh hijau mengandung kafein, yang sudah diketahui bisa meningkatkan thermogenesis (proses biologis yang melibatkan pembakaran kalori).
Di tahun 2007, sebuah laporan yang dipublikasikan di American Journal of Physiology: Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, para peneliti menyatakan bahwa teh hijau mungkin bisa mencegah menurunnya metabolisme yang biasa terjadi saat seseorang berusaha menurunkan berat badannya.

Menurut penulis laporan ini, teh hijau mungkin juga menghalangi efek dari catechol-O-methyltransferase (sebuah enzym yang dikenal memicu penguraian zat-zat kimia otak yang terlibat di dalam pengaturan nafsu makan).

Apakah Teh Hijau Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Antioxidant tertentu yang ditemukan di dalam teh hijau sepertinya memiliki "efek kecil yang positif" terhadap penurunan dan maintenance berat badan menurut laporan yang dipublikasikan di International Journal of Obesity in 2009.
Dalam analisis mereka terhadap 11 penelitian mengenai teh hijau dan penurunan atau maintenance berat badan, para peneliti menemukan bahwa antioxidant teh hijau yang dikenal sebagai catechins mungkin bisa meningkatkan metabolisme.

Namun National Institutes of Health (NIH) tetap memperingatkan bahwa bukti yang dibutuhkan masih belum cukup untuk menentukan apakah teh hijau itu efektif untuk menurunkan berat badan.Meski demikian, epigallocatechin gallate (catechin yang ditemukan dalam teh hijau) mungkin bisa membantu mereka yang overweight untuk menurunkan berat badannya, menuru NIH

Apakah Teh Hijau itu Aman untuk Menurunkan Berat Badan?

Meski teh hijau itu umumnya aman untuk orang dewasa, tapi jika diminum lebih dari 5 gelas per hari mungkin bisa mengarah pada efek samping yang berhubungan dengan kafein (misalnya sakit kepala, gugup, sulit tidur, dan detak jantung yang tidak teratur).

Kafein di dalam teh hijau juga mungkin memperparah beberapa jenis penyakit, misalnya gelisah, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Haruskan Anda Menggunakan Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan?

Bagi orang dewasa umumnya, meningkatkan konsumsi teh hijau dalam skala menengah mungkin bisa memberikan beberapa manfaat bagi penurunan berat badan tanpa menyebabkan efek negatif terhadap kesehatan.
Tapi agar bisa mendapatkan hasil yang significant, penting untuk mengkombinasikannya dengan diet yang sehat dan berolahraga secara teratur (termasuk berlatih erobik minimal dua setengah jam dan dua sesi latihan angkat beban per minggu).
Jika anda ingin menggunakan supplemen teh hijau (atau supplemen natural lainnya untuk menurunkan berat badan), pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan seorang dokter sebelum memulai perawatan.

 Nama : Wulan Purnama Sari
NPM : 18210579

0 komentar:

Posting Komentar